Download dan Instal ROM Fenomenal Nusantara Project Terbaru Full Redmi 4X Update Android 13

Cara Download dan Instal ROM Nusantara Project Terbaru

Pada kesempatan kali ini admin kembali lagi hadir dengan rom baru buatan anak indonesia dan berbagai pengembang seluruh dunia lainnya yang keren banget nih bagi kalian semua. Kalau saya lihat nampaknya rom ini bersumber dari AOSP dan custom rom ini merupakan rom treble dari sekian banyak rom yang beredar namun kelihatan beda karena memang ini adalah sebuah rom yang masih fresh kalau boleh dibilang demikian.
Nusan santoni



Sejarah Tentang ROM Nusantara Project


ROM Nusantara dikembangkan pertama oleh seorang developer @Genkzsz11 dan beberapa pengembang rom yang berasal dari indonesia kalau saya lihat uniknya rom ini adalah sudah dilengkapi dengan kebutuhan netizen sepertinya atau yang diinginkan netijen kenapa demikian karena memang custom rom ini dibuat oleh ahlinya dibidang pengembangan sebuah rom khusus yang bersumber dari aosp (Android Open Source Project).

Walaupun tidak mungkin untuk menjadi 100 persen sempurna namun Nusantara Project sudah memenuhi ekspektasi dari para penggunanya yang sangat antusias setiap rilis pembaruan yang ada, Karena memang rom ini hadir dengan fitur-fitur berguna dan membantu penggunanya dan menyediakan rom yang stabil buat para pengguna.

Contohnya seperti dukungan perbaikan jika terdapat bug, memberi dukungan keamanan yang terbaru, menambah dukungan berbagai macam model ponsel terbaru dan lagi jika kalian menginstal rom nusantara project ini biasanya kalian tak repot-repot untuk melakukan rooting ponsel atau menagktifkan camera2api pada ponsel versi lama dulu dikarenakan sudah ada google camera stok default camera dari rom nusantara ini misalnya camera go atau google camera mod yang lebih simple dan stabil.

Bagi yang suka musik rom ini biasanya juga membawa retro musik didalam bangunan romnya yang akan memberikan kemudahan dalam memanage dan memutar semua genre musik yang kalian miliki di ponsel kalian dan juga sebagai tambahan pada nusantara rom ini sudah dilengkapi dengan DOLBY ATMOS (ROM Versi lama) yang bisa memaksimalkan output suara baik musik maupun game dan diklaim dolby ini bisa memberikan pengalaman menarik saat memainkan audio di ponsel yang kamu miliki.

Jajaran Pengembang Custom ROM Nusantara Project


@Genkzsz11 sebagai pendiri awal
@Harun sebagai pemimpin Dev
@Andra sebagai pembuat BOT
@Aihora sebagai manager proyek
@Rafi sebagai pemimpin Dev
@Joko sebagai Desainer UI dan UX
@Bisma sebagai perancang
@Trisf sebagai Humas

Itulah daftar pengembang Nusantara Project saat ini, nantinya kamu juga bisa melihat daftar pengembang rom ini didalam bangunan rom yang kamu instal di perangkat kamu, tujuannya agar lebih mengenal dan dekat dengan para pengguna.

Update Nusantara Project Android 13 Redmi 4X Santoni


Tidak terasa akhirnya sampai juga xiaomi redmi 4x di android terbaru saat ini dengan dukungan dari custom rom nusantara project resmi. Tidak tau jadinya jika tidak menggunakan custom rom maka ponsel ini akan menjadi ponsel usang dari segala hal terutama pemaruan keamanan, Namun dengan menggunkan rom nusantara ini kamu bisa mendapatkan berbagai pembaruan seperti pembaruan android yang paling baru, pembaruan keamanan, pembaruan UI dan UX, update berbagai fitur android 13 bahkan lebih banyak lagi dari yang kamu perkirakan.

Pembaruan ini akan membawa perubahan besar pada ponsel yang kamu milki karena sudah membawa android 13 terbaru yang isunya akan ada system hanya baca atau Erofs yang akan meningkatkan ponsel dari segi kecepatan dari responsive multitasking yang diimbangi dengan pengaturan baterai hemat daya android 13.

Nusantara Versi 5.0 Tambora Android 13


Pembaruan ini membawa nama Tambora yang kalau tidak salah adalah dengan mengambil nama salah satu gunung yang terkenal di indonesia yaitu Gunung Tambora, Lantas apa saja yang ada di dalam pembaruan ini nantinya kamu bisa memeriksa perubahan lengkapnya di daftar changelog resminya yang mungkin akan membuatmu tertarik untuk menginstalnya.

Changelog V5 Tambora Santoni

  • Disinkronkan dengan sumber terbaru
  • Rilis awal membangun untuk android 13
  • Mengatasi beberapa penolakan
  • Dikirim dengan kernel Rimuru v4.7
  • Kompilasi kernel dengan proton-clang
Maintainer : @Renzo

Jika kamu menyukai proyek ini kamu bisa mengirimkan sedikit donasi kepada pengembang dan maintainer khususnya pengembang santoni yang telah membawa nusantara proyek ini kedalam android 13 saat ini.

Ulasan Nusantara Project V5 Android 13


Pada android 13 ini nusantara project santoni hadir lebih minimalis, namun tentu saja masih memiliki fitur kostumisasi yang tidak boleh dilewatkan seperti Nusantara Wings, disitu terdapat beberapa kostumisasi yang berguna namun yang lebih berguna mungkin adalah game space yang bisa kamu gunakan untuk menambah pengalaman dalam bermain game kalian seperti game PUBG, Genshin Impact, Fortnite, Mobile Legend maupun free fire.

Cara Instal ROM Nusantara Project


Karena ROM nusantara ini adalah sebuah rom kustom maka kalian sebelum menginstal dan memakainya kalian harus memenuhi persyaratan seperti yang ada dibawah ini, Namun jika sebelumnya ponsel kamu sudah pernah custom rom atau sudah melakukan langkah seperti UBL dan sudah memasang recovery custom maka kamu bisa melewati persyaratan dibawah ini seperti

  • Ponsel Santoni kamu harus sudah di UBL (unlock bootloader) jika belum kamu bisa lihat panduan Unlock Bootloader yang mudah seperti yang diberikan ozondroid
  • Ponsel Redmi 4X kamu harus sudah terpasang Recovery Custom jika belum kamu bisa pelajari cara pasang recovery custom di Santoni dengan panduan yang sudah dicontohkan sebelumnya
  • Mengunduh bahan ROM zip dan Juga OpenGapps sebagai dukungan layanan google
  • Mengunduh Magisk Zip terbaru hanya jika ingin ponselnya root

Setelah memenuhi persyaratan yang ditentukan diatas kalian bisa melakukan penginstalan rom nusantara menggunakan recovery custom yang sudah terinstal diponsel kalian dengan urutannya adalah sebagai berikut

  1. Matikan Ponsel dengan menahan tombol power 
  2. Tekan tombol power dan volume atas bawah secara bersamaan untuk masuk ke mode recovery saat muncul logo MI lepaskan tombol power dan tetap tahan kedua tombol volume atas dan bawah tunggu sampai muncul menu recovery yang kamu gunakan
  3. Perbarui Recovery jika kamu ingin menginstal Nusantara project terbaru
  4. Reboot kembali ke recovery terbaru yang sudah kamu instal
  5. Dalam menu recovery pilih menu Wipe dan lakukan wipe system, data, dalvick,cache, vendor, substarsum overlay
  6. Kembali ke menu wipe dan lakukan format data (disarankan)
  7. Kembali lagi ke menu recovery pilih menu Instal dan instal ROM zip 
  8. Instal Open Gapps Zip untuk dapat menggunan layanan google
  9. Instal Magisk Zip jika ingin root 
  10. Reboot ke system dan nikmati Nusantara Project terbaru

Unduh ROM Nusantara dan BitGapps Update



Untuk lebih detail mengenai bagaimana cara instal dan sekaligus review lengkapnya admin sarankan untuk bisa menyimak video tutorial yang sudah admin sajikan di kanal youtube admin dibawah disana akan dibahas lengkap tentang detail dan juga apa yang bekerja dan tidak bekerja sekaligus kelebihan dan kekurangan rom ini sendiri







2 komentar untuk "Download dan Instal ROM Fenomenal Nusantara Project Terbaru Full Redmi 4X Update Android 13"

  1. Comment Author Avatar
    1. Comment Author Avatar
      iya didukung penuh magisk yang versi ini