Custom Rom e-OS Port Untuk Xiaomi Redmi 4X

Unduh Custom Rom e-OS Yang Diporting Untuk Xiaomi Redmi 4X Disini

Pertama kalinya sebuah custom rom e-OS kini dapat diinstal untuk ponsel Xiaomi redmi 4X dan berharap juga untuk custom rom ini kedepan akan didukung secara resmi untuk ponsel ini mengingat sistem operasi seperti ini yang sekarang cocok untuk ponsel lawas yang sudah berumur agar tidak membebani kinerja ponsel lebih banyak.
/e/OS Foundations


Dengan hadirnya rom e-OS ini akan menambah daftar custom rom terbaik yang pernah ada untuk ponsel xiaomi redmi 4x dan tentu saja pengguna bakal senang dengan hadirnya rom ini pada perangkat yang mereka miliki untuk kelangsungan pengembangan berlanjut pada ponsel ini. Sebelum membahas lebih jauh yuk kita cari tahu dulu apa itu e-OS.

Apa Itu e-OS

e-OS atau nama resminya /e/OS adalah sebuah sistem operasi khusus ponsel yang didasarkan pada kode sumber terbuka dilengkapi dengan layanan cloud terkait. OS ini dikembangkan oleh e.foundation dan saat ini mendukung 250 perangkat berbeda, kebanyakan ponsel pintar dan tablet. /e/OS sepenuhnya di-de-Google dan tidak menggunakan aplikasi milik Google. Ini ditujukan untuk khalayak luas yang mencari smartphone de-Googled yang kompatibel dengan aplikasi seluler umum. /e/OS smartphone pra-instal ritel dengan nama merek 'Murena' seperti dilansir dari situs resmi e-foundations.

e-OS Menggunakan Sistem DeGoogling / UnGoogling di /e/OS


Tujuan dari "deGoogling" adalah untuk menghapus atau menonaktifkan fitur atau kode apa pun yang mengirim data ke server Google, atau setidaknya menganonimkan akses tersebut
Untuk menawarkan layanan daring bawaan non-Google, termasuk untuk penelusuran.

  • mesin telusur default Google dihapus dan diganti dengan layanan lain (lihat di bawah di aplikasi dan layanan default )
  • Layanan Google digantikan oleh microG dan layanan alternatif (lihat di bawah untuk detail lebih lanjut)
  • Semua aplikasi Google dihapus dan diganti dengan aplikasi Open Source yang setara. Satu-satunya pengecualian adalah Aplikasi Maps
  • Tidak ada penggunaan server Google untuk memeriksa konektivitas
  • Server NTP bukan lagi server Google NTP
  • Server default DNS bukan Google lagi, dan pengaturannya dapat diterapkan oleh pengguna ke server tertentu
  • Geolokasi menggunakan Layanan Lokasi Mozilla selain GPS
  • Aplikasi manajemen dan sinkronisasi CalDAV/CardDAV (DAVDroid) sepenuhnya terintegrasi dengan akun pengguna dan aplikasi kalender/kontak
Hingga saat ini sudah tercatat lebih dari 200 model ponsel yang didukung oleh proyek ini namun dengan adanya pengembangan proyek treble kali ini kita bisa merasakan juga sentuhan e-OS ini pada ponsel yang kita miliki dengan jalan poritng rom.

Rom e-OS diPorting Untuk Redmi 4X

Sebelumnya juga sudah kita update rom untuk ponsel xiaomi redmi 4x yang sudah menggunakan android 13 juga di Kumpulan Rom Project Elixir, Nah seperti yang akan kita bahas kali ini saya akan menghadirkan rom custom rom e-OS ini yang bisa kamu instal di xiaomi redmi 4X yang juga saya sudah uji untuk layanan berbagai hal hampir sempurna sepanjang saya mengujinya semua berjalan baik namun tentu saja masih ada kekurangannya bdan berikut detail informasi untuk rom port e-OS ini

Nama : /e/OS
Versi : 1.9.t Unofficial Port
Versi Android : 13 (Tiramishu)
Path Keamanan : 5 Maret 2023
Kernel : Jabiyeff
Sumber : Redmi Note 4X
Port By : @Ozondroid

Ulasan Singkat e-OS Xiaomi Redmi 4X

Seperti yang kami sudah uraikan diatas bahwa sistem ini menggunakan sistem de-google yang artinya menghapus atau sebagian atau keseluruhan layanan apapun dari google namun akan digantikan sebuah aplikasi yang setara dari sumber terbuka yang didukung oleh Micro-G sebagai layanan alternatif pengganti.

Yang ini juga berarti ponsel akan sedikit lebih ringan karena tidak membawa semua layanan google karena bagi sebagian orang ada juga yang tidak mengingkan layanan google pada ponsel mereka yang diklaim menambah berat beban ponsel. Namun untuk semua layanan seperti playstore akan digantikan oleh aplikasi yang setara.

Rom ini simple mulus dan cepat serta menggunakan ikon dari sumber terbuka yang tidak neko-neko lalu rom ni juga dilengkapi dengan VPN yang sudah include didalam rom yakni ORBOT untuk melindungi privasi kamu ketika berada didunia maya.

Bug diteketahu adalah layanan blouetuth tidak bekerja dan terkadang wifi tidak tersambung namun hanya perlu merestart ponsel untuk mengatasi, jadi secara umum rom ini sangat cocok untuk ponsel yang sudah tua.


Screenshot lebih banyak kunjungi channel Telegram kami

Cara Instal Rom e-OS di Xiaomi Redmi 4X

Sebelumnya saya sudah asumsikan kalau kamu bukanlah pengguna baru di xiaomi redmi 4x yang artinya ponsel kamu sudah memenuhi syarat untuk menginstal sebuah rom khusus di ponsel seperti sudah melakukan unlock bootloader dan sudah memasang recovery khusus seperti orangefox, twrp yang terbaru untuk melakukan penginstalan ini 

  1. Unduh rom e-OS dan letakkan di memori kartu atau OTG yang kamu miliki
  2. Masuk kedalam TWRP dan gunakan Twrp 3.7.0 ini
  3. Cadangkan data yang kamu miliki
  4. Hapus data, metadata, dalvick cache, system dan vendor format data disarankan
  5. Instal rom e-OS zip 
  6. Reboot ponsel dan Nikmati e-OS ini

Tautan Unduh 

Posting Komentar untuk "Custom Rom e-OS Port Untuk Xiaomi Redmi 4X "