Cara Mudah Cek Status Selinux Android

Panduan Cek Status Selinux di Android Secara Mudah Terbaru

Teknologi ponsel semakin hari terus berkembang bahkan dalam hal keamanan juga mendapat peratian khusus yang tidak boleh terlewat begitu saja, keduanya harus salaing mengikuti. Percuma jika teknologi maju tapi mudah dieksploitasi bahkan mungkin diambil data penting dari dalam ponsel yang kamu miliki, disitulah pentingnya cek status selinux di android yang kamu miliki.
Selinux android


Mulai sekarang jika kamu terutama pengguna android yang sering menggunkan sebuah custom rom bisa memeriksa dan mendapatkan data status yang digunakan pada selinux system pada rom yang kamu gunakan dengan mudah melalui panduan ang akan kami berikan setelah ini. Jika kamu biasa dalam memporting wajib punya Tool unpack dan Repack ROM. Yok kita lanjut pembahasan kita, Namun sebelumnya kamu harus tahu apa itu Selinux.

Apa Itu Selinux


Selinux atau Security-Enhanced Linux adalah sebuah modul keamanan kernel linux yang menyediakan mekanisme untuk mendukung kebijakan keamanan kontrol akses, termasuk kontrol akses wajib (MAC). SELinux adalah seperangkat modifikasi kernel dan alat ruang pengguna yang telah ditambahkan ke berbagai distribusi Linux . Arsitekturnya berusaha untuk memisahkan penegakan keputusan keamanan dari kebijakan keamanan, dan merampingkan jumlah perangkat lunak yang terlibat dengan penegakan kebijakan keamanan. Konsep kunci yang mendasari SELinux dapat ditelusuri ke beberapa proyek sebelumnya oleh Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat (NSA) seperti dikutip wikipedia inggris.

Sebelumnya proyek ini tidak tersedia untuk publik, Namun setelah tahun 2000 proyek ini akhirnya dirilis oleh komunitasnya menjadi Open Source (Sumber Terbuka) sejak saat itu pula mulai diintegrasikan kedalam kernel Tahun 2003.

Selinux Android


Dilansir Android Open Source, Selinux Android Adalah model keamanan Android, Android menggunakan Security-Enhanced Linux (SELinux) untuk menerapkan kontrol akses wajib (MAC) atas semua proses, bahkan proses yang berjalan dengan hak akses root/superuser (kemampuan Linux). Banyak perusahaan dan organisasi telah berkontribusi pada implementasi SELinux Android. Dengan SELinux, Android dapat melindungi dan membatasi layanan sistem dengan lebih baik, mengontrol akses ke data aplikasi dan log sistem, mengurangi efek perangkat lunak berbahaya, dan melindungi pengguna dari potensi kelemahan kode pada perangkat seluler.

Jika kamu melihat data diatas selinux merupakan bagian dari kesatuan keamanan yang paling utama yang perlu diterapkan dalam proses system android untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, melakukan kontrol sebuah data dan melindungi banyak catatan system.

Penerapan Selinux Di Android


Sebenarnya untuk penerapan Selinux ini sudah diatur ke default - deny itu berarti bahwa selinux seperti ini akan secara otomatis diijinkan sesuai dengan kebijakan yang terkait dengan kernel android. Selanjutnya untuk kebijakan tersebut mencakup beberapa hal seputar izin, kelas, jenis dan aturan lainnya. Jika kamu mau tahu lebih tentang kebijakan penerapan selinux ini kamu bisa documentasi penerapan Selinux oleh Google.

Status Selinux Yang Ada di Android

Terdapat 2 stastus yang selinux yang ada di android yaitu Enforcing dan Permissive. Dua status ini berbeda dari banyak hal tertkait perizininan, berikut adalah detailnya

Status Selinux Enforcing. Artinya bila ada sebuah program, aplikasi maupun proses system yang tidak sesuai dengan kebijakan izin android yang ditargetkan atau yang sudah didefinisikan maka Selinux Mode ini akan memblokir aplikasi, program ataupun sistem itu sendiri. yang cara kerjanya mirip seperti firewall.

Status Selinux Permissive. Artinya Jika ada sebuah proses, program, aplikasi yang tidak sesuai dengan kebijakan yang didefinisikan maka Selinux Mode ini akan memblokir hal tersebut, Namun bedanya cuma menyimpan log data dan melaporkannys ke audit selinux.

Cara Cek Status Selinux/Ubah Status Selinux

Untuk mengetahui status selinux dengan mudah atau mungkin kamu ingin merubah status selinux yang ada pada android yang kamu milki caranya cukup mudah hanya perlu ponsel kamu yang sudah diroot menggunakan apapun lalu mendowdnload aplikasi termux Android yang ada di Playstore.

Ada beberapa alasan yang terkadang seseorang bisa memutuskan untuk merubah status atau mode selinux yang ada pada ponsel android atau custom rom yang mereka gunakan misalnya menginstal sebuah program khusus, gagal booting dengan selinux awal dan lainnya dan berikut adalah panduan cara cek status selinux sekaligus merubahnya jika diinginkan.

Langkah Cek Selinux/Ubah Status

  • Pastikan ponsel kamu sudah mode root
  • Download dan instal Termux.apk dari Playstore
  • Jalankan dan buka Aplikasi Termux
  • Setalah terbuka ketikkan SU di Jendela termux

  • Setelah itu akan muncul jendela dan izinkan akses root di termux seperti gambar dibawah ini

  • Setelah berhasil memberikan izin selanjutakan ketikkan perintah di termux  getenforce lalu enter

  • Dibawah Ini adalah contoh status selinux permissiver

Bagaimana Cara Merubah Mode/Status Selinux


Untuk merubahnya cukup mudah. sama halnya melalui termux lalu ketikkan status selinux sesuai yang diinginkan

  • Permissiver (setenforce 0)  tanpa tanda kurung lalu enter

  • Enforcing (setenforce 1) tanpa tanda kurung lalu enter

Kesimpulan 


Diatas adalah cara mengetahui status selinux sekaligus cara mengubah status atau mode selinux yang ada pada android yang kamu miliki dengan cara mudah yang sudah kami praktekkan sesuai dengan diatas. Jika masih ada pertanyaan jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar dibawah ya.

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Cek Status Selinux Android"