Cara Mudah Root Poco X5, X5 Pro 5G Tanpa TWRP Berhasil

Cara Mudah Mendapatkan Akses Root di Xiaomi Poco X5, X5 Pro Tanpa TWRP

Bagi kamu yang memiliki ponsel Xiaomi Poco X5 yang sudah tidak tahan lalgi akan godaan root di ponsel yang kamu punya kini kamu bisa mendapatkan hak tersebut dengan mudah yang semuanya ada dalam tutorial ini untuk itu ini merupakan sebuah kabar gembira bagi kamu semuanya yang ingin melakukan root di poco x5 5G yang kamu miliki.
Root Xiaomi poco x5


Memang ponsel akan ada yang kurang bagi sebagian orang jika tidak dilakukan root, ini sangat terasa bagi siapapun yang yang suka dengan otak-atik system android dengan berbagai alasan yang melatar belakanginya namun itulah seni dan pengembangan android itu sendiri tidak seperti ios yang mentok disitu saja.

Apa Itu Root

Secara gamblangnya sebelum kamu menjelajah lebih jauh tentang root ada baiknya kamu juga mengetahui apa itu root. Adalah sebuah akses khusus pada sistem android atau bisa dikatakan dengan mengizinkan akses yang lebih ke system android yang berjalan bisa juga adalah sebuah akses untuk membuka batasan-batasan pada ponsel android yang dibatasi oleh pabrikan.

Pada hakikatnya terdapat kemiripan jika kamu sebelumnya adalah pengguna IOS mengenal dengan Jailbrik nah untuk android dikenal dengan akses root.

Fungsi Kegunaan Root

Untuk fungsi dan kegunaan root sebenarnya terdapat pada pengertiannya diatas namun tidak hanya terbatas pada itu root juga dapat dengan mudah mengedit dan menghapus system, menghapus aplikasi bawaan, melskukan penyesuaian baterai ponsel, membaca dan menulis di system, memindahkan aplikasi dai internal ke kartu memory itu merupakan sebgaian kegunaan root yang sebetulnya masih banyak yang tidak mungkin saya sebutkan satu demi satu.

Walaupun begitu root juga mempunyai kekurangan yakni garansi ponsel akan hilang dan ponsel tidak lagi dapat diklaim garansi jika ada kerusakan.

Root Poco X5 5G Tanpa Twrp

Untuk melakukan root poco x5 caranya cukup gampang dengan menggunakan twrp dan tidak menggunakan twrp namun kesemua cara tersebut sebelum kamu melakukan root di ponsel ini ponsel yang kamu miliki haruslah terlebih dahulu di UBL kamu bisa lihat ini Cara UBL (Unlock Bootloader) Poco X5

Setelah kamu berhasil UBL atau ponsel kamu sudah ubl maka kamu dengan mudah melakukan root ini namun kali ini adalah tanopa menggunakan twrp yaitu dengan metode menambal boot.img dari rom yang kamu gunakan kamu dapat mendapatkan boot.img dengan cara mendownload firmware yang sesuai dengan versi miui yang kamu gunakan lalu mengekstrak file firmware tersebut.

Selain itu proses ini juga memerlukan sebuah laptop yang sudah terinstal dengan ADB Driver dan fastboot, Driver PdaNet, Magisk Manager  terbaru dan minimal adb fastboot yang kesemua nanti kamu dapat mengunduhnya melalui tautan yang tersedia.

Langkah Root Poco X5 5G

Saya anggap kamu sudah mendownload semua bahan dan sudah memenuhi persyaratan yang diperlukan seperti contoh kecilnya adalah mencadangkan data kalian sehingga buat cadangkan jika terjadi sesuatu dan itu menjadi langkah pentingnya dan kalau sudah kita langsung dapat memulainya

  • Mengaktifkan Mode Pengembang dan izinkan USB debungging di ponsel yang akan kita root menggunakan magisk, jika belum mengaktifkan mode pengembang pergi saja ke setelan lalu tap versi miui hingga muncul mode pengembang.
  • Instal Magisk Manager APK dan berikan semua perizinan yang diminta seperti izin penyimpanan file dan lainnya.
  • Ekstrak firmware MIUI dan dapatkan boot.img di dalamnya dan pastikan sesuai dengan versi MIUI yang kamu gunakan saat ini di ponsel.
  • Kemudian Buka Aplikasi Magisk pilih menu instal yang terletak pada bagian atas pada daftar menu magik manager.
  • Silahkan pilih tambah file dan pilih file boot.img lalu pilih mulai menambal
Menambal boot.img


  • Cari hasil tambal file boot.img patchx berada di memori internal didalam folder unduhan lalu pindahkan ke laptop ubah namanya menjadi boot.img 
  • Instal PdaNet pada laptop yang kamu gunakan seperti menginstal aplikasi pada sebuah komputer biasa.
  • Pindahkan file boot.img ke dalam folder Minimal ADB Fastboot jika tidak kamu bisa tarik dan drag file boot.img tersebut ke cmd nantinya.
  • Selanjutnya buka file CMD HERE perhatikan jendela cmd yang terbuka
  • Matikan Ponsel dan buat ke dalam mode Fastboot dengan tombol kombinasi akan nampak seperti gambar dibawah ini.
Mode fastboot


  • Sambungkan ponsel menggunakan kabel USB dan gunakanlah kabel usb yang berfungsi baik disarankan menggunakan bawaan ponsel.
  • Pada jendela cmd ketikkan perintah fastboot devices lalu enter perhatikan jika terdapat kode unik berarti ponsel kamu terseteksi di laptop dan siap digunakan.




  • Ketikkan perintah lagi fastboot flash boot boot.img lalu enter perhatikan proses flashingnya yang nampak pada jendela cmd dilayar laptop.


  • Perhatikan proses jika sudah sukses akan ada pemberitahuan di cmd dengan status finished yang berarti selesai memasang boot.img


  • Pada langkah ini sebenarnya ponsel kamu sudah berhasil di root dengan sukses lalu tinggal ke langkah selanjutnya
  • ketikkan fastboot reboot lalu enter maka ponsel akan mereboot ke system
Selesai

Kesimpulan

Itulah cara mudah root Poco X5, X5 Pro 5G tanpa menggunakan twrp, inti dari keberhasilan proses ini adalah persyaratan yang harus kamu penuhi serta kesesuaian tipe boot.img yang kamu gunakan karena sejatinya proses ini hanyalah menambal boot,img stock rom yang kamu gunakan saat ini dan jika versi miui yang kamu gunakan berbeda dengan ini kamu bisa mencari atau mengambil boot.img dari rom ponsel yang akan kamu root.

Tautan Unduh 


Nama Bahan Unduhan
PdaNet Android 14 Segera Datang
PdaNet Driver Unduh
boot.img boot untuk ditambal Unduh
Minimal ADB Fastboot Driver Unduh
Magisk Manager App Root Unduh

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Root Poco X5, X5 Pro 5G Tanpa TWRP Berhasil"